Artikel Elektronika

SITIHOTIJEH XII TEI B
 
TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI



Dalam mengikuti Pelajaran produktif  ini, saya mempelajari banyak tentang elektronika ,saya dapat mengenal dan belajar lebih dalam membuat cara kerja dalam komponen elektronika industri dan berbagai fungsi dari komponen elektronika.macam-macam komponen elektronika antara lain:
1.Resistor adalah komponen dasar elektronika pasif yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam satu rangkaian. Resistor berfungsi untuk menghambat atau membatasi aliran listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian elektronika.
2.Kapasitor(Kondensator) ialah komponen elektronika yang mempunyai kemampuan menyimpan  elektron-elektron selama waktu yang tidak tertentu. kapasitor berfungsi untuk menyimpan muatan listrik yang dibentuk dari dua permukaan yang berhubungan tapi dipisahkan dengan salah satu penyekat.
3.Induktor atau disebut juga dengan Coil (kumparan) adalah komponen elektronika pasif  yang berguna untuk mengatur frekuensi,memfilter dan  juga sebagai alat kopel (penyambung).
4.Dioda atau diode adalah komponen elektronika aktif  yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik pada satu arah saja,selain itu juga mampu menghambat arus listrik dari arah berlawanan.
5.Transistor adalah komponen elektronika aktif  multitermal,biasanya memiliki 3 terminal. transistor berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tegangan input/menurunkan tegangan output.
6.IC (Integrated Circuit) adalah komponen elektronika aktif  yang merupakan kumpulan dari berbagai komponen hingga ribuan komponen elektronika yang terdiri dari transistor,resistor,dan komponen elektronika lainnya yang membentuk suatu rangkaian elektronika dan memiliki fungsi elektronika tertentu yang dikemas dalam sebuah kemasan yang komplek dan kecil dngan pin atau kaki untuk menjalankan fungsinya.
7.Saklar(Relay)adalah komponen elektronika aktif yang dipergunakan untuk memutuskan serta menghubungkan aliran listrik.saklar berdasarkan fungsi nya dibedakan atas dua kondisi yaitu kondisi ON dan kondisi OFF.berfungsi untuk menggerakan kontak saklar sehingga dgn arus listrik  yang kecil dapat mengantarkan listrik yang bertegangan lebih tinggi.
8.Transformator secara harfiah transformator dapat juga disingkat trafo merupakan komponen elektronika aktif  yang memiliki 2 fungsi utama yaitu untuk menaikkan tegangan dan menurunkan tegangan.




Dalam komponen pengukuran juga penting apabila dikaitkan dengan teknik dasar dalam elektronika. dalam mengukur komponen selain digunakan untuk mengetahui komponen tersebut rusak/tidak.
Dalam membuat rangkaian elektronika komponen merupakan materi praktek yang sangat penting dalam mempelajari dalam nya materi tentang elektronika.

Komentar

Posting Komentar